9 OBAT DEMAM ANAK


Obat Demam Anak - Banyak faktor penyebab demam pada anak, selain akibat terjadinya perubahan cuaca, kelelahan dan juga gejala awal sakit merupakan penyebab demam yang umum terjadi. Anak – anak sangat rentan mengalami demam, demam pertumbuhan selalu menyertai anak pada masa-masa ini karena anak memang rentan sekali terhadap perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Terlebih lagi jika aktivitas anak terlalu berlebih, tubuh mudah sekali capek yang berakibat menurunnya sistem kekebalan atau imunitas anak sehingga anak mudah terserang penyakit. Biasanya serangan penyakit pada anak ini disertai demam tinggi.

RAMUAN OBAT DEMAM ANAK TRADISIONAL

Masa pertumbuhan pada anak merupakan masa yang tidak mungkin dapat dihindari. Menjaga kondisi tubuh agar tetap vit merupakan cara yang paling ideal untuk menjaga kesehatan anak, namun terkadang aktivitas dan rasa penasaran anak yang sangat tinggi membuat orang tua kesulitan mengendalikan tingkahlakunya sehingga mengakibatkan tubuh anak mudah kecapean dan tidak jarang disertai demam tinggi. Asupan obat-obatan kimia untuk mengatasi demam pada anak mungkin lebih banyak dihindari oleh para ibu modern dewasa ini, namun jika tidak pernah membuat ramuan tradisional untuk demam mungkin mereka banyak yang mengalami kesulitan. Pada kesempatan kali ini, akan diuraikan beberapa cara meramu obat demam untuk anak yang dapat dijadikan referensi untuk para orangtua ketika sang anak sedang mengalami demam.

Obat 1

Bahan : Jeruk nipis 1 buah, Minyak kayu putih ½ sendok teh, Bawang merah 3 siung.
Cara Pengobatan : Ambir air jeruk nipis, lalu tambahkan pada parutan bawang merah. Campur rata keduanya dengan minyak kayu putih. Balurkan ramuan secara merata pada seluruh tubuh anak atau bayi yang sedang demam. Lakukan beberapa kali sampai demam benar-benar hilang.

Obat 2

Bahan : Jeruk nipis 2 buah, Ragi kue ½ sendok teh, Bawang merah 3 siung.
Cara Pengobatan : Parut bawang merah, lalu tambahkan ragi dan campur biar merata. Bagi jeruk nipis menjadi dua bagian, peraslah dan ambil airnya, panaskan di atas uap air, setelah itu masukkan ke dalam campuran bawang merah dan ragi, remas-remas biar rata. Balurkan campuran bawang merah pada tubuh anak yang demam. Lakukan juga sampai beberapa kali sampai anak sudah tidak demam lagi.

Obat 3



Bahan : Bawang Merah 4 siung, Minyak kayu putih/minyak kelapa secukupnya.
Cara Pengobatan : Parut bawang merah, kemudian tambahkan minyak kayu putih atau minyak kelapa sambil diremas-remas. Oleskan ramuan herbal demam ini pada seluruh tubuh anak. Lakukan setiap kali anak demam.

Obat 4

Bahan : Bawang Merah 4 siung, Minyak tanah 1 sendok teh.
Cara Pengobatan : Lumatkan bawang merah, lalu remas-remas bersama minyak tanah. Oleskan ramuan pada tubuh anak yang sedang sakit demam beberapa kali hingga demam sembuh.

Obat 5

Bahan : Kelapa muda 1 butir, Gula batu secukupnya.
Cara Pengobatan : Ambil air kelapa muda, tambahkan gula batu. Minumkan ramuan obat demam ini pada anak yang terkena demam 2x1 hari hingga sembuh.

Obat 6

Bahan : Asam kawak 1 sendok teh, Kunyit 2 jari, Telor ayam kampung 1 butir, Madu secukupnya.
Cara Pengobatan : Telor ayam kampung diambil kuningnya saja. Kemudian parutlah kunyit, peras untuk diambil airnya. Tambahkan asam kawak, kuning telor, dan madu, aduk biar rata. Minumkan ramuan pada anak demam sekali habis. Minumkan lagi jika demam datang lagi.

Obat 7

Bahan : Daun melati 5 lembar, Asam kawak 1 sendok teh, Kunyit 3 jari, Bawang merah 2 siung.
Cara Pengobatan : Cuci daun melati, kunyit dan bawang merah, lalu tambahkan asam kawak. Tumbuk semuanya sampai halus. Tempelkan ramuan pada ubun-ubun bayi yang sedang demam. Lakukan sehari dua kali sampai demam menurun.

Obat 8

Bahan : Daun dadap serep 1 genggam, Garam 1 sendok teh.
Cara Pengobatan : Ambil daun dadap lalu cuci biar bersih. Lumuri daun dengan garam dapur, kemudian remas-remas hingga keluar airnya. Oleskan air sari ini pada ubun-ubun bayi yang demam, dan daunnya ditempelkan pada kepala. Lakukan tiap pagi dan sore hingga demam turun.

Obat 9

Bahan : Akar alang-alang 1 genggam, Air jeruk nipis dari 1 buah jeruk, Air bersih 750ml, Gula batu secukupnya.
Cara Pengobatan : Akar alang-alang dicuci sampai bersih, lalu rebus dengan air sampai mendidih dan angkatlah jika air rebusan tinggal setengahnya. Ambil air rebusan kurang lebih 135 ml, tambahkan air perasan jeruk nipis dan gula batu. Minumkan ramuan pada anak yang sedang sakit demam 2-3 kali sehari sampai demam turun.

Demikian cara membuat ramuan obat demam anak secara tradisional, semoga bermanfaat bagi orangtua yang sedang mencari referensi tentang meramu obat demam untuk bayi atau anak yang sedang mengalami demam tinggi.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus