6 OBAT FLU ATAU OBAT PILEK UNTUK ANAK


Obat Flu atau Obat Pilek Untuk Anak - Aktivitas anak – anak yang terlalu tinggi seringkali menyebabkan tubuh terlalu lelah, sehingga rentan terserang berbagai macam penyakit, seperti pilek (flu), batuk, demam dll. Sama seperti halnya orang dewasa, sakit flu atau pilek pada anak juga disebabkan oleh serangan virus (virus influenza). Sakit flu atau pilek pada anak - anak ini ditandai dengan kepala terasa pusing, hidung tersumbat, bersin-bersin, demam, dll, bahkan terkadang disertai suara serak.
Mencuci tangan menggunakan sabun cuci setiap habis beraktivitas sangat dianjurkan untuk anak, karena anak – anak lebih senang bermain apa saja tanpa berpikir apakah yang dilakukannya membahayakan kesehatan atau tidak. Sebagai orangtua, hal ini tentunya harus menjadi perhatian khusus agar sang anak tidak mudah terserang penyakit influenza atau flu. Karena sebetulnya virus influenza ini sangat sensitif dan mudah sekali diinaktivasi menggunakan sabun cuci, detergen, ataupun disinfektan. Bahkan panasnya sinar matahari juga mampu menginaktivasi serangan virus influenza. Dengan selalu membiasakan cuci tangan menggunakan sabun setiap habis beraktivitas, niscaya virus influenza tidak mudah menyerang anak Anda.

RAMUAN HERBAL OBAT PILEK UNTUK ANAK

Meskipun kita telah berhati-hati, namun ketika tubuh anak rentan dan kelelahan, tubuh juga dapat terserang flu atau pilek. Untuk itu membiasakan istirahat yang cukup bagi anak juga merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap serangan berbagai penyakit, tidak hanya sakit pilek (flu) saja. Berikut ini akan kami ulas mengenai cara membuat ramuan obat pilek untuk anak, bisa jadikan Anda referensi untuk bahan pertimbangan :

Obat Pilek 1

Bahan : Jeruk nipis 1 buah, Minyak kayu putih 2 tetes.
Cara Pengobatan : Ambil jeruk nipis, potong menjadi dua bagian, tusuk menggunakan sendok garpu, lalu panaskan di atas api sampai layu. Peras airnya dan tambahkan minyak kayu putih. Minum ramuan obat pilek ini pada anak sehari 3 kali, cukup 1 sendok teh saja setiap kali minum.

Obat Pilek 2



Bahan : Daun pepaya muda secukupnya, Garam dapur secukupnya, Gula jawa atau gula merah secukupnya.
Cara Pengobatan : Cuci daun pepaya, lalu tumbuk hingga halus, peras dan ambil airnya. Tambahkan garam dan gula jawa. Minumkan ramuan pada anak, setiap kali minum sebanyak 45 ml, lakukan sehari tiga kali hingga flu atau pilek anak Anda sembuh.

Obat Pilek 3

Bahan : Bawang Merah 3 siung, Minyak kelapa secukupnya.
Cara Pengobatan : Iris tipis bawang merah, remas-remas, lalu tambahkan minyak kelapa, remas-remas lagi. Oleskan ramuan pada tubuh anak yang terserang pilek, terutama bagian tengkuk, leher, punggung, dan kali. Lakukan sehari dua kali. Ramuan ini juga mampu meredakan panas.

Obat Pilek 4

Bahan : Gambir secukupnya, Air matang secukupnya.
Cara Pengobatan : Tambahkan gambir dengan sedikit air, biarkan hingga meleleh.
Oleskan airnya pada bagian dahi dan batang hidung anak Anda.

Obat Pilek 5

Bahan : Daun randu 1 genggam, Jahe 2 jari, Adas pulosari secukupnya, Air bersih 2 gelas.
Cara Pengobatan : Cuci bahan lalu tumbuk hingga lembut, tambahkan air dan rebuslah sampai mendidih, saring ramuan. Minumkan obat flu pilek ini pada anak sebanyak 45 ml tiap minum, sehari berikan 3 kali.

Obat Pilek 6

Bahan : Kemukus 10 biji, Kencur 3 jari, Air matang secukupnya.
Cara Pengobatan : Tumbuk kedua bahan hingga lembut, tambahkan air matang. Oleskan ramuan di bawah lubang hidung dan pada batang hidung anak - anak yang sedang pilek.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus