CIRI-CIRI PENYAKIT SINUSITIS


Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis - Apa itu sinusitis? Pengertian sinusitis berasal dari bahasa latin, yaitu terdiri dari kata sinus dan mendapat akhiran itis. Kata sinus artinya cekungan atau rongga sedangkan kata itis dalam dunia kedokteran adalah peradangan. Sinus merupakan rongga atau cekungan pada saluran hidung manusia di daerah sekitar wajah. Sinus biasanya berisi udara, tetapi ketika sinus tersebut tersumbat dapat mengakibatkan terjadinya infeksi atau gangguan yang menyebabkan terjadinya penyakit sinusitis.

Penyakit sinusitis adalah penyakit peradangan atau pembengkakan yang terjadi di saluran rongga tengkorak yang menghubungkan hidung dengan rongga sinus akibat adanya gangguan aliran udara pada rongga hidung tersebut ataupun keluarnya lendir dari hidung. Penyakit ini disebabkan adanya penyumbatan di rongga sinus oleh cairan ataupun kuman, baik disebabkan oleh jamur, bakteri, maupun virus kemudian menyebabkan terjadinya infeksi sinus. Kuman-kuman tersebut tumbuh dan berkembang secara kondusif di rongga sinus sehingga mengakibatkan terjadinya penimbunan lendir di hidung.
Rongga sinus (saluran) penghubung ke hidung pada wajah ada empat macam, yaitu rongga sinus yang terletak di pipi, dinamakan sinus maksilaris, rongga sinus di dahi (sinus frontalis), rongga sinus terletak di kedua mata (sinus etmoidalis), serta rongga sinus terletak di belakang dahi atau dinamakan sinus sfenoidalis. Keempat jenis sinus tersebut merupakan saluran penghubung ke hidung manusia.

Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis secara klinis dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu penyakit sinusitis akut, sinusitis subakut, sinusitis kronis, serta sinusitis berulang. Sinusitis akut adalah penyakit sinusitis yang berlangsung hingga empat minggu, ditandai hidung tersumbat, pilek, nyeri di wajah berkepanjangan tak kunjung hilang selama kurang lebih 10 hingga 14 hari. Sinusitis subakut adalah sinusitis yang berlangsung selama empat hingga delapan minggu. Sinusitis kronis adalah penyakit sinusitis yang berlangsung selama delapan minggu atau lebih. Sedangkan penyakit sinusitis berulang adalah sinusitis yang menyerang beberapa kali dalam kurun waktu satu tahun.

Apakah Sinusitis Menular?




Sebuah pertanyaan tersebut lazim dilontarkan mengingat sinusitis merupakan penyakit yang dapat disebabkan oleh infeksi akibat kuman, baik jamur, bakteri maupun virus. Infeksi sinus tidak menular, tetapi jika hasil dari inveksi virus seperti pilek maka patogen penyebabnyalah yang dapat ditularkan dari orang ke orang lain. Jika penyakit sinusitis diakibatkan hasil dari infeksi virus seperti penyakit flu biasa, maka dapat menyebabkan perpindahan virus tersebut ke orang lain. Virus tersebut akan menyebabkan flu juga pada orang lain meskipun belum tentu infeksi sinus.

Apakah Sinusitis Menular pada Golongan Darah Sama?

Penyakit sinusitis merupakan penyakit peradangan akibat tersumbatnya rongga sinus oleh cairan maupun kuman (bakteri, jamur maupun virus), tidak ada hubungannya dengan golongan darah, sehingga sinusitis tidak menular pada golongan darah sama.

Sinusitis dan Polip

Polip merupakan gangguan hidung akibat pertumbuhan jaringan sinus yang tidak sehat pada hidung, sedangkan penyakit sinusitis adalah pembengkakan rongga sinus akibat infeksi sinus sehingga jelas sekali bahwa sinusitis bukanlah polip. Penyebab polip secara pasti belum diketahui, namun polip biasanya dijumpai pada penderita penyakit gangguan pernapasan seperti penderita sakit asma maupun penyakit sinusitis akut. Kedua jenis penyakit ini baik polip maupun sinusitis sama-sama mengakibatkan penyumbatan pada hidung si penderita sehingga mengganggu indera penciuman. Penyakit polip dapat mengakibatkan peradangan di rongga sinus, sehingga polip juga berpotensi mengakibatkan penyakit sinusitis. Lebih dari itu, polip bahkan dapat merusak struktur tulang hidung. Sehingga dapat dikatakan bahwa penyakit polip dapat mengakibatkan penyakit sinusitis, demikian juga sebaliknya, sinusitis dapat mengakibatkan polip.

Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis

Secara umum, ciri-ciri penyakit sinusitis atau infeksi sinus adalah terserang pilek atau flu berkepanjangan yang terkadang kurang disadari oleh penderita yang mengakibatkan nafsu makan menurun serta melemahnya indera penciuman. Namun secara lebih rinci ciri-ciri penyakit sinusitis ditandai adanya gejala seperti timbulnya rasa sakit di tenggorokan, rasa nyeri berdenyut di dahi, nyeri di sekitar mata, adanya lendir yang menetes pada tenggorokan di belakang hidung, timbulnya sakit di kepala ketika sedang membungkuk, sakit kepala saat melirikkan mata, sakit kepala saat terserang batuk, rasa nyeri di tulang pipi, nyeri rahang gigi, demam, letih, lesu, nyeri di bagian telinga, bau napas tidak sedap, tulang pipi membengkak berwarna merah, terjadi pelepasan cairan hidung berwarna kuning dan berbau tidak sedap serta terkadang penderita merasakan sesak napas. Gejala sinusitis lainnya adalah sakit kepala saat bangun pagi. Ciri-ciri penyakit sinusitis tersebut merupakan ciri-ciri penyakit sinusitis secara umum, maksudnya penyakit sinusitis yang terjadi di semua rongga sinus, seperti sinus maksilaris (di pipi), sinus frontalis (di dahi), sinus etmoidalis (di mata), serta sinus sfenoidalis (di belakang dahi).

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus