MANFAAT WORTEL TAK HANYA SEBAGAI OBAT KU4T


Manfaat Wortel Sebagai Obat Tradisional - Wortel (Daucus carota) merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dijumpai di daerah pegunungan. Tanaman ini banyak dibudidayakan oleh para petani sebagai sayuran. Meskipun banyak dikenal sebagai sayuran, wortel ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya itu, bagi para wanita, wortel juga mempunyai manfaat dalam menjaga kecantikan kulit, terutama kulit wajah.

Kandungan Wortel

Manfaat Wortel Tak Hanya Sebagai Obat Ku4t
Wortel
Wortel kaya akan kandungan zat gizi yang memiliki manfaat besar bagi tubuh, diantaranya adalah vitamin A, karbohidrat, falcarinol, betakaroten, serat, thiamine (Vitamin B1), riboflavin (Vitaamin B2), Niacin (Vitamin B3), Vitamin B6, folat (Vitamin B9), vitamin C, kalsium, serta paspirin. Selain itu wortel juga mengandung pirolidina, limonena, alkaloid dausina, daukina, daukosterina dan minyak atsiri.

Manfaat Wortel

Wortel kaya akan vitamin A, dimana vitamin A ini mampu mengurangi kerutan di wajah sehingga wortel mempunyai manfaat dalam membantu perawatan kulit, terutama kulit wajah agar tampak selalu mulus. Selain itu, vitamin A juga baik untuk kesehatan mata. Adanya kandungan falcarinol pada wortel menyebabkan tanaman sayuran yang sekaligus tanaman herbal ini juga mempunyai manfaat dalam mencegah serangan kanker. Selain itu, manfaat wortel juga berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas karena adanya kandungan betakatotennya. Sedangkan kandungan senyawa paspirinnya mampu menambah keperkasaan pria. Hal ini karena senyawa paspirin mampu memacu kelenjar pituitari yang ada di kepala bagian belakang untuk menghasilkan hormon testosteron pada pria.
Khasiat dan manfaat wortel lainnya yaitu sebagai obat batu ginjal, obat batuk, mengobati kejang jantung, membantu menurunkan hipertensi atau darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, mengobati eksim, membasmi cacing kremi, serta membantu mengurangi nyeri haid pada wanita.
Berikut ini beberapa ramuan berbahan wortel yang bermanfaat untuk pengobatan bermacam penyakit :

Manfaat wortel untuk Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat wortel untuk membantu para wanita mempercantik kulit wajah dapat diramu dalam beberapa cara, sebagai berikut:
Cara 1. Bahan : Wortel secukupnya, air bersih.
Cara Membuat : Cuci wortel hingga bersih. Kemudian blender sampai halus. Oleskan ramuan pada wajah atau bagian tubuh yang diinginkan. Biarkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Cara 2. Bahan : Wortel 1 buah, madu murni 2 sendok makan, air secukupnya.
Cara Membuat : Cuci wortel hingga bersih, lalu rebuslah sampai matang. Setelah matang tumbuk agar lembut, tambahkan madu. Oleskan ramuan pada kulit wajah. Biarkan selama 15 menit, lalu bilaslah menggunakan air dingin sampai bersih. Lakukan secara rutin agar kulit wajah Anda cepat halus.
Cara 3. Bahan : Wortel 3 buah, air bersih.
Cara Membuat : Kupas bahan lalu cucilah hingga bersih. Parut agar lembut, peras lalu ambil airnya. Oleskan ramuan pada wajah, biarkan sampai kering. Setelah kering bilas sampai bersih, lakukan secara rutin.

Manfaat wortel sebagai Obat Sakit Mata

Selain sebagai penghalus kulit, manfaat wortel juga dapat mengobati sakit mata, seperti mata minus maupun rabun senja. Adapun cara pengolahannya adalah sebagai berikut:

Manfaat wortel untuk Mata Minus

Bahan : Wortel 7 buah, air matang secukupnya.
Cara Membuat : Cuci wortel hingga bersih, kemudian parut. Setelah itu tambahkan sedikit air, peras, saring. Minum ramuan 1 x 1 hari. Lakukan setiap 3 hari sekali secara rutin.

Manfaat wortel untuk Mata Rabun Senja

Cara 1. Bahan : Wortel 2 buah, air matang 2 sendok makan, madu murni secukupnya.
Cara Membuat : Ambil wortel, kupas, cucilah hingga bersih, lalu parut. Setelah itu tambahkan air matang, remas-remas, kemudian peras dan saring lalu ambil airnya. Tambahkan madu murni secukupnya ke dalam ramuan. Minum 3 x 1 hari.
Cara 2. Bahan : Wortel 250 gr.
Cara Membuat : Kupas bahan lalu cuci hingga bersih, parut, remas-remas, kemudian peras dan saring. Minum ramuan 1 x 1 hari. Lakukan secara rutin seminggu dua kali.

Manfaat Wortel sebagai Obat Rakhitis

Manfaat wortel yang ditambah dengan lobak dan telur ayam dapat mengobati penyakit rakhitis, lihat cara meramunya di bawah ini:
Bahan : Wortel 1 buah, Lobak 1 buah, telur ayam kampung 1 butir, madu murni secukupnya.
Cara Membuat : Kupas wortel dan lobak, lalu cucilah hingga bersih, parut, peras untuk diambil airnya. Ambil telur ayam kampung, ambil kuning telurnya saja, masukkan ke dalam ramuan bersa dengan madu murni. Aduklah agar bercampur rata. Minum ramuan dua sendok makan, lakukan 3 x 1 hari.

Manfaat Wortel sebagai Obat Batuk Tradisional

Manfaat buah wortel dalam mengobati batuk dapat diramu dalam 2 cara, sebagai berikut:
Cara 1. Bahan : Wortel 1 buah ukuran sedang, air panas 2 sendok makan, gula aren secukupnya.
Cara Membuat : Cuci wortel hingga bersih, kemudian parut. Setelah itu tambahkan air panas, peras, saring. Tambakan gula aren secukupnya. Minum ramuan 2 x 1 hari.
Cara 2. Bahan : Wortel 2 buah, tomat 1 buah, madu murni secukupnya.
Cara Membuat : Cuci bahan hingga bersih, parutlah hingga lembut. Setelah itu campur menjadi satu dengan cara meremasnya, lalu peras, saring ramuan untuk diambil airnya. Tambakan madu murni secukupnya biar terasa lebih enak. Minum 1 x 1 hari.

Manfaat Wortel sebagai Obat Kanker

Bahan : Wortel ukuran sedang 1 buah, bit 50 gr, stroberi 10 merah, apel malang 1 buah, jeruk nipis 1 buah, air matang 200 ml.
Cara Membuat : Cuci wortel, apel, bit, stroberi sampai bersih lalu potong-potong seperlunya. Kemudian peras jeruk nipis, kemudian diambil airnya. Tambahkan air, jadikan jus. Minum jus 2 x 1 hari sebelum makan. Ramuan obat herbal ini untuk sekali minum.

Manfaat Wortel sebagai Obat Kanker Payudara

Manfaat buah wortel untuk obat kanker payudara sebetulnya hampir sama dengan membuat ramuan untuk penyakit kanker pada umumnya, hanya saja perlu ditambahkan rebusan daun sirih. Adapun cara pengolahannya sebagai berikut:
Bahan : Daun sirih merah (Piper decumanum ) 7 lembar, wortel ukuran sedang 1 buah, stroberi 10 merah, bit 50 gr, apel malang 1 buah, air perasan jeruk nipis, air matang 200 ml, air bersih untuk merebus sirih merah.
Cara Membuat : Daun sirih merah direbus sampai mendidih. Kemudian cuci bahan lainnya, lalu potong-potong seperlunya. Tambahkan 5 sdm air rebusan sirih merah ke dalam air jeruk nipis dan bahan lainnya, blender. Minum 2 x 1 hari. Lakukan setiap pagi dan sore hari sebelum makan. Ramuan obat herbal ini untuk sekali minum.

Manfaat Wortel sebagai Obat Batu Ginjal

Selain berbagai penyakit yang telah disebutkan di atas, manfaat lain wortel ampuh untuk pengobatan batu ginjal. Pada artikel kali ini, ada dua cara memanfaatkan wortel untuk penyakit yang satu ini:
Resep 1. Bahan : Wortel 7 buah, air bersih 100 ml.
Cara Membuat : Cuci wortel hingga bersih, kemudian parut. Rebus dan didihkan, dinginkan, saring. Minum ramuan wortel secara rutin, lakukan 1 x 1 hari.
Resep 2. Bahan : Mengkudu (Morinda citrifolia) 1 buah, wortel 3 buah, madu murni secukupnya.
Cara Membuat : Cuci bahan hingga bersih, ambil wortel lalu parut. Remas-remas pace atau mengkudu, tambahkan hasil parutan, lalu remas-remas lagi bias bercampur rata. Setlah itu peras dan saring ramuan. Tambahkan madu agar rasanya lebih enak dan aduklah. Minum ramuan 1x1 hari. Lakukan secara rutin agar lekas sembuh.

Manfaat Wortel sebagai Obat Darah Tinggi

Manfaat wortel yang baik juga ditemui pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Di bawah ini ada beberapa ramuan obat herbal yang secara alami membantu menurunkan tekanan darah tinggi:
Resep 1. Bahan : Wortel ½ kg, air matang secukupnya.
Cara Membuat : Cuci wortel hingga bersih, kemudian potong-potong seperlunya. Tambahkan sedikit air lalu blender sampai lembut, saring. Minum ramuan 3 x 1 hari. Lakukan secara rutin.
Resep 2. Bahan : Bengkoang 1 buah, wortel 3 buah, timun 1 buah.
Cara Membuat : Kupas bengkoang dari kulitnya, lacu cici bersama dengan wortel dan timun hingga bersih, Setelah itu parutlah semua bahan sampai lembut. Peras lalu saring untuk diambil airnya. Minum secara rutin, 1 x 1 hari. Lakukan sampai sembuh.

Manfaat Wortel sebagai Obat Jantung Kejang

Bagi Anda yang mempunyai masalah kesehatan jantung, wortel dapat dijadikan alternatif untuk pengobatan. Manfaat buah wortel dalam hal ini terutama sebagai obat jantung kejang.
Bahan : Wortel 3 buah, madu 2 sendok makan, gula aren secukupnya.
Cara Membuat : Cuci wortel hingga bersih, kemudian parut, peras, lalu saring. Setelah disaring tambahkan juga madu dan gula aren, aduk hingga bercampur rata. Minum ramuan 3 x 1 hari.

Manfaat Wortel sebagai Obat Eksim

Selain untuk pengobatan penyakit dalam, manfaat buah wortel juga dapat mengobati beberapa penyakit luar, salah satunya adalah eksim (sejenis penyakit kulit). Berikut ini cara membuat ramuannya:
Bahan : Wortel 1 buah, kapur sirih 1 sdt.
Cara Membuat : Cucilah wortel hingga bersih, kemudian parut. Tambahkan air kapur sirih, lalu campur hingga rata. Tempelkan ramuan pada eksim, balut menggunakan kain bersih.

Manfaat Wortel sebagai Obat Nyeri Haid

Bagi para wanita, selain dapat membatu mempercantik kulit, manfaat wortel juga sebagai obat untuk mengurangi rasa nyeri saat sedang datang bulan.
Bahan : Wortel 250 gr, air matang secukupnya.
Cara Membuat : Cuci wortel hingga bersih, kemudian potong-potong seperlunya. Tambahkan sedikit air lalu blender hingga lembut. Minum ramuan 2 x 1 hari.

Manfaat Wortel sebagai Obat Cacingan

Bubuk wortel memiliki manfaat yang ampuh dalam mengobati cacingan, terutama pada anak-anak karena untuk masalah ini, anak-anak adalah paling rentan terserang cacingan. Adapun cara membuat obat cacing adalah sebagai berikut:
Bahan : Wortel 5 buah, air matang secukupnya.
Cara Membuat :
Cuci bahan hingga bersih, lalu jemur sampai kering di bawah sinar matahari, setelah kering tumbuk hingga menjadi bubuk. Seduh bubuk wortel ini dengan air matang secukupnya. Minumkan 1 sendok makan, lakukan 2 x 1 hari.

Manfaat Wortel sebagai Obat Kreminen (Cacing Kremi)

Selain membantu mengatasi berbagai masalah cacingan, wortel juga memiliki manfaat yang penting dalam membasmi cacing kremi, yang oleh orang Jawa sering dikatakan 'kreminen', berikut caranya:
Bahan : 5 buah wortel, santan kelapa, garam secukupnya.
Cara Membuat : Cuci wortel hingga bersih, kemudian parut. Setelah bersih lalu beri santan kelapa dan garam. Peras, saring ramuan. Minum saat menjelang tidur malam.

Manfaat Wortel sebagai Obat Kuat

Jika Anda seorang pria, apa salahnya memanfaatkan wortel untuk membantu meningkatkan stamina. Manfaat tanaman wortel untuk obat ku4t tidak hanya pada bagian buahnya, tetapi juga bagian daun tanaman.
Bahan : Daun wortel secukupnya, wortel 5 buah, madu secukupnya, minyak zaitun 2 sendok teh, air matang secukupnya.
Cara Membuat : Wortel beserta kulit dan daunnya dicuci, blender sampai halus, masukkan minyak zaitun ke dalam adonan, blender lagi. Peras dengan kain bersih, tambahkan madu. Minum 2 x 1 hari.

Manfaat Wortel sebagai Obat Pelangsing Tubuh



Obat pelangsing alami dewasa ini semakin banyak diminati para obesitas. Manfaat wortel untuk masalah yang satu ini juga turut berperan, adapun cara pembuatannya dapat mengikuti petunjuk berikut:
Bahan : Wortel 3 buah, timun 1 buah, jeruk nipis 1 buah.
Cara Membuat : Kupas wortel dan timun lalu cucilah hingga bersih, kemudian parut sampai halus, saring, ambil air ramuan. Jeruk nipis dibelah menjadi dua bagian lalu peras dan ambillah airnya. Masukkan air perasan jeruk nipis ini ke dalam ramuan lalu aduk agar bercampur rata. Minum ramuan 2 x 1 hari.

Manfaat Wortel sebagai Obat Demam untuk Anak

Jika anak sedang demam, terkadang timbul kepanikan luar bisa pada orang tua. Bersikap tenang akan lebih membantu pengobatan yang tepat. Memberikan ramuan wortel dapat membantu menurunkan demam anak, karena salah satu manfaat wortel adalah sebagai obat demam yang ampuh pada anak-anak.
Bahan : Wortel 200 gr, madu secukupnya.
Cara Membuat : Cuci bahan hingga bersih, parut, peras, saring untuk diambil airnya. Tambahkan sedikit madu agar terasa lebih enak. Minumkan pada anak Anda.

Manfaat Wortel sebagai Obat Sembelit

Anda memiliki masalah dengan sembelit, ramuan di bawah ini dapat dijadikan referensi, karena wortel juga memiliki manfaat yang besar dalam membantu mengatasi masalah sembelit.
Bahan : Wortel 3 buah, Air matang 2 sendok makan, garam dapur secukupnya.
Cara Membuat : Cuci bahan hingga bersih, parut, tambahkan air matang lalu peras, saring lalu ambillah airnya. Tambahkan sedikit garam dapur pada air ramuan, aduklah hingga bercampur rata. Minumkan 2 x 1 hari.

Manfaat Wortel sebagai Obat Luka Bakar

Tidak hanya berfungsi sebagai obat eksim saja, manfaat wortel juga dapat mengobati penyakit luar lainnya, seperti luka bakar.
Bahan : Wortel secukupnya.
Cara Membuat : Cuci bahan hingga bersih, lalu tumbuklah biar lembut. Oleskan ramuan pada bagian tubuh yang terkena lukan bakar.

Manfaat Wortel untuk Meningkatkan Kesuburan

Coba ramuan berikut jika Anda belum juga mendapatkan keturunan, karena jus apel yang dicampur wortel memiliki manfaat yang ampuh dalam meningkatkan kesuburan.
Bahan : Apel 1 buah, Wortel 4 buah, kecambah (tauge) 1/4 kg, air matang secukupnya.
Cara Membuat : Semua bahan dicuci hingga bersih, lalu blender dan jadikan jus, saring biar lembut.
Minum 2 x 1 hari, tiap pagi dan sore. Lakukan secara rutin. Ramuan obat herbal ini diminum oleh suami dan juga istri.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus