KHASIAT TEH


Teh dengan nama ilmiah Camellia sinensis sering juga dinamakan pokok teh oleh orang melayu dan enteh oleh orang sunda. Tanaman ini biasa dibudidayakan oleh para pengusaha di bidang agribisnis. Biasanya mereka membudidayakan teh dalam skala luas. Perkebunan teh yang dibudidayakan selama ini memanfaatkan pucuk daun untuk dijadikan bahan minuman. Padahal manfaat teh sebenarnya tidak hanya sebagai minuman saja. Adanya kandungan zat kimia menjadikan tanaman herbal yang bersifat dingin dan agak sepet ini mempunyai khasiat dan manfaat dalam mengobati berbagai macam penyakit.

KANDUNGAN TEH

KHASIAT TEH

Herbal Teh

Tanaman ini mengandung zat kimia seperti kafein 2-3%, tanin, xantin, theobromin, theofilin, adenine, kuersetin, natural fluoride, naringenin, dan minyak atsiri. Kandungan kafein, protein, karbohidrat, serat, polifenol, dan pektin banyak terdapat padabagian daun, sedangkan saponin dan minyak terdapat pada bagian biji. Rasa sejuk menyegarkan pada teh disebabkan adanya kandungan kafein.

MANFAAT TEH

Adanya kandungan tanin dalam teh dapat mencegah penyakit kanker lambung dan kerongkongan karena tanin mengandung zat epigallocatechin. Selain itu tanin juga dapat melarutkan lemak sehingga teh dapat digunakan sebagai obat pelangsing tubuh. Teh juga diyakini mempunyai khasiat dan manfaat sebagai obat sakit kepala, obat diare, obat penurun kolesterol dan trigliserida darah tinggi, obat diabetes melitus atau kencing manis, serta dapat mengobati infeksi saluran pencernaan. Selain itu daunnya juga sering dimanfaatkan sebagai penghitam dan penyubur pada rambut, penyamak, antitoksik, peluruh urine, serta mengurangi terbentuknya karang gigi. Adapun bagian tanaman teh yang biasa dimanfaatkan sebagai ramuan obat tradisional adalah bagian daunnya. Berikut ini beberapa ramuan herbal teh sebagai obat tradisional alami untuk mengobati berbagai macam penyakit:

HERBAL TEH UNTUK PELANGSING TUBUH




Bahan
Teh (Camellia sinensis) 3 sendok makan
Jeruk nipis 1 buah
Air panas 1 gelas
Cara Membuat
Ambil teh, masukkan ke dalam gelas lalu seduh menggunakan air panas. Ambil Jeruk nipis, peras untuk diambil airnya. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam gelas yang telah diseduh tadi.
Minum ramuan herbal 2 x 1 hari, tiap kali minum sebanyak ½ gelas. Lakukan secara rutin sampai Anda benar-benar mendapatkan tubuh yang ideal.

HERBAL TEH UNTUK MENURUNKAN KOLESTEROL

Daun teh hijau (Camellia sinensis) 7 gr
Air panas 1 gelas
Cara Membuat
Seduh daun teh hijau menggunakan satu gelas air panas, Setelah itu lalu tutup dan biarkan beberapa saat, kira-kira 10 menit.
Minum ramuan herbal saat masih hangat. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

HERBAL TEH UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI ATAU HIPERTENSI

Teh hijau (Camellia sinensis) secukupnya
Air hangat 1 gelas
Cara Membuat
Seperti membuat minuman hangat, seduh teh hijau dengan air hangat.
Minum ramuan herbal teh hijau. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

HERBAL TEH UNTUK MENGOBATI KERACUNAN LOGAM BERAT ATAU ALKALOIDA

Bahan
Pucuk daun teh (Camellia sinensis) secukupnya
Cara membuat
Gulung pucuk daun, lalu fermentasikan. Setelah jadi kemudian minum hasil fermentasi tersebut.

HERBAL TEH UNTUK MEMPERLAMBAT RAMBUT BERUBAN

Bahan
Air teh (Camellia sinensis)
Cara
Gunakan airnya untuk mencuci rambut Anda secara merata, lalu diamkan selama tiga puluh menit dan bilas menggunakan air bersih.
Lakukan secara rutin untuk menghambat munculnya uban.

HERBAL TEH UNTUK OBAT KANKER LAMBUNG DAN KERONGKONGAN

Bahan
Daun Teh (Camellia sinensis) secukupnya
Air panas 1 gelas
Cara
Daun teh diseduh menggunakan air panas seperti menyeduh minuman hangat.
Minum ramuan herbal secara rutin.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus