TENTANG KANKER


Pengertian Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang paling mematikan, dan hingga kini belum ditemukan secara pasti obat yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Beberapa penelitian telah dilakukan oleh para ahli untuk mengatasi penyakit kanker, namun hingga kini penelitian-penelitian tentang kanker tersebut belum ada yang berhasil menyatakan bisa mengobati kanker hingga 100%. Meskipun belum ditemukan obat yang betul-betul meyakinkan untuk menyembuhkan kanker, namun tidak ada salahnya jika kita mulai belajar sedikit demi sedikit untuk mengenal tentang kanker. Dengan mengenal dan memahami penyakit kanker, diharapkan kita mampu mendeteksi sejak dini adanya serangan penyakit tersebut, sehingga upaya penanganan yang dilakukan juga tidak terlambat.

Penyebab Tumbuhnya Sel Kanker

Penyebab timbulnya penyakit kanker hingga saat ini belum bisa ditemukan secara pasti. Ilmu kedokteran sendiri belum mampu mengungkap kepastian penyebab timbulnya penyakit kanker. Meskipun berbagai penelitian telah dilakukan oleh para ahli, namun tetap saja penyebab pasti timbulnya sel kanker belum bisa ditemukan. Memang, berbagai temuan telah diperoleh dalam penelitian-penelitan yang sudah dilakukan, tetapi temuan-temuan tersebut belum bisa dijadikan sebagai ukuran pasti mengenai tumbuhnya sel kanker pada seseorang.

Setiap orang yang secara medis telah divonis mengidap penyakit kanker sudah barang tentu akan timbul persoalan lain, yaitu rasa gundah, takut, was-was dan tidak jarang yang menimbulkan penyakit stres. Memang, hal ini disebabkan penyakit kanker belum bisa ditangani sepenuhnya, sehingga orang yang mengidap penyakit kanker biasanya mengalami putus atas terhadap kehidupannya. Bahkan bayangan kematian kerap menghantui para pengidap penyakit kanker. Ilmu kedokteran sendiri mengakui hingga saat ini penyakit kanker belum bisa ditangani hingga penderita dinyatakan sembuh 100% dari serangan sel kanker.

Namun, apabila penderita kanker mampu mengatasi rasa putus asa dan stres tersebut, dan dengan penuh kesadaran memperbaiki pola hidupnya, bukan tidak mungkin akan terbebas dari ancaman maut yang mengiringinya dan bahkan bisa pula ia akan sembuh dari penyakit yang paling mematikan ini. Ya, kunci dari keberhasilan seseorang untuk mengatasi serangan penyakit kanker adalah mengatasi rasa putus asa dan stres, sehingga terapi yang dijalaninya akan lebih efektif bekerja.

Faktor Penyebab Kanker




Meskipun faktor penyebab timbulnya sel kanker belum bisa diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor penyebab kanker di dalam tubuh manusia adalah:
  1. Faktor keturunan atau faktor genetik. Faktor ini dicurigai sebagai faktor penyebab kanker terkuat yang dapat memicu timbulnya sel-sel kanker. Faktor keturunan dapat berasal dari orang tuah kandung, kakek/nenek, atau maupun dari buyut moyangnya.
  2. Paparan sinar ultraviolet dan sinar radioaktif, misalnya terlalu sering berjemur di bawah terik matahari tanpa pelindung. Terkena paparan gelombang radioaktif dari kebocoran reaktor nuklir juga dapat memicu timbulnya sel kanker.
  3. Tingginya konsumsi bahan-bahan karsinogen, biasanya terdapat pada makanan yang dibakar, atau makanan yang mengandung pengawet atau pewarna.
  4. Infeksi yang berlangsung lama, baik akibat iritasi maupun perangsangan.
  5. Pencemaran lingkungan juga dapat menjadi faktor pemicu timbulnya sel kanker, misalnya polusi udara baik yang diakibatkan oleh asap kendaraan maupun asap pabrik.
  6. Penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya hormon, yang berlebihan dapat memicu serangan sel kanker. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang mengandung hormon sintetis sebaiknya dikurangi.
  7. Alkohol atau minuman keras. Orang yang kecanduan alkohol atau minuman keras lebih berpotensi terserang penyakit kanker.
  8. Selain gangguna pada jantung, asap rokok juga dapat menimbulkan penyakit kanker. Hal ini bisa terjadi baik pada perokok pasif maupun perokok aktif.
  9. Melakukan diet yang tidak tepat dalam waktu yang lama, menahun, juga bisa menjadi faktor pemicu timbulnya sel kanker.
  10. Rendahnya kekebalan atau daya tahan tubuh. Seseorang yang sering mengalami sakit-sakitan berpotensi terserang penyakit kanker.
  11. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang berlemak tanpa diimbangi dengan aktivitas yang cukup. Beberapa makanan berlemak yang berpotensi memicu serangan penyakit kanker antara lain daging sapi, daging kambing, daging babi, dan daging ayam negeri.
  12. Sering berganti-ganti pasangan. Selain beresiko terinfeksi oleh virus HIV, berganti pasangan juga dapat memicu timbulnya sel kanker.

Gejala Serangan Sel Kanker

Deteksi serangan kanker harus dilakukan sejak dini. Sebelum terlambat, jika ditemui beberapa gejala di bawah ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk diagnosa munculnya sel kanker. Keterlambatan penanganan terhadap serangan sel kanker akan membahayakan keselamatan Anda. Oleh karena itu, Anda harus waspada jika beberapa gejala di bawah ini ditemukan pada diri Anda atau keluarga Anda.
  1. Adanya luka yang mengoreng terlalu lama dan tidak sembuh-sembuh.
  2. Terdapat bojolan atau kulit yang menyembul secara liar di bagian tubuh manapun.
  3. Keluar cairan dari lubang tubuh, misalnya punting su5u atau dubur. Cairan yang keluar bisa berupa lendir atau darah.
  4. Terjadi perdarahan yang terlalu banyak, baik karena luka maupun ketika sedang haid.
  5. Perubahan warna atau bentuk, baik pada kutil maupun tahi lalat. Biasanya juga disertai rasa gatal.
  6. Sering mengalami gangguan saat buang air besar maupun buang air kecil.
  7. Batuk yang tidak kunjung sembuh atau terus menerus dan disertai suara serak.
  8. Kesulitan menelan dalam jangka waktu yang lama, biasanya diakibatkan peradangan yang tidak kunjung sembuh.
  9. Tanpa penyebab yang jelas, berat badan semakin menurun, dan tubuh tampak kurus.
  10. Sakit kepala yang berkepanjangan dan berulang-ulang.
  11. Badan terasa lemas dan tidak bertenaga, demam tinggi, muka tampak pucat, dan mengalami peradangan.

Demikian artikel penyakit kanker secara singkat yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus