MANFAAT LIDAH BUAYA DISERTAI RAMUANNYA


Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan - Lidah buaya dengan nama ilmiah Aloe vera merupakan tanaman berbatang pendek yang sukulen, terutama pada daunnya. Tanaman ini dikatakan sukulen karena mampu tumbuh lebat dengan daun membesar dan berair. Aloe vera ini selain mempunyai khasiat sebagai obat herbal, kini juga banyak dimanfaatkan oleh industri rumah tangga sebagai minuman instan, seperti manisan lidah buaya.

KANDUNGAN LIDAH BUAYA

Manfaat Lidah Buaya Disertai Ramuannya
Lidah Buaya
Jenis tanaman obat ini mengandung cairan jeli atau lendir dan cairan kuning yang merupakan getah. Pada cairan jelinya kaya akan kandungan salisilat, zat antijamur, antibakteri, antikanker, antibengkak, dan juga kaya akan vitamin, mineral, maupun enzim. Sedangkan pada cairan kuningnya mengandung aloin.

MANFAAT LIDAH BUAYA

Lidah buaya sangat bermanfaat sebagai pereda rasa sakit, perawatan kulit, obat jerawat, serta sebagai pasta gigi. Adanya kandungan asam salisilat pada tanaman ini menjadikan lidah buaya mempunyai khasiat dan manfaat sebagai obat untuk menyembuhkan luka, mulai dari luka digigit serangga sampai luka bakar, karena salisilat mampu merangsang sel-sel kulit yang mati.
Manfaat lain dari lidah buaya adalah sebagai obat pencahar, dan bahan dasar kosmetik, sehingga sering dimanfaatkan oleh industri kosmetik seperti pada perusahaan shampo, lipstik, scrub, dll. Namun pemanfaatan lidah buaya sebagai obat pencahar pada ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan karena dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi baik pada saluran usus maupun lambung, serta dapat juga menyebabkan kram perut.

MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK PENGOBATAN ALAMI

Berikut cara meramu lidah buaya untuk pengobatan alternatif bermacam-macam penyakit, baik sakit ringan sampai berat :

Manfaat Lidah Buaya sebagai Obat Diabetes Melitus (Kencing Manis)



Cara 1. Bahan : Daun lidah buaya tebal ukuran besar, air kapur sirih secukupnya, air bersih, air matang.
Cara meramu : Cuci daun segar lidah buaya. Setelah bersih kupas kulitnya, potong-potong seperlunya, cuci lagi pada air mengalir sampai lendirnya hilang. Kemudian masukkan ke dalam air kapur sirih, biarkan selama kurang lebih satu jam. Angkat dan tiriskan, bilas menggunakan air bersih, bilas sampai beberapa kali hingga kapur sirihnya benar-benar hilang. Saat membilas juga dilakukan pada air mengalir. Setelah itu masukkan pada air yang sudah mendidih, biarkan hingga mendidih, angkat, lalu tiriskan.
Tambahkan air matang, minum ramuan. Lakukan secara rutin.
Cara 2. Bahan : Daun lidah buaya tebal ukuran besar, garam dapur secukupnya, air bersih 3 gelas, air matang.
Cara meramu : Cuci hingga bersih, lalu kupas dan potong-potong. Kemudian rendam dalam larutan garam selama setengah jam. Angkat dan remas-remas, bilas menggunakan air bersih, bilas sampai beberapa kali pada yang air mengalir. Setelah itu rebus dalam tiga gelas air yang sedang mendidih, biarkan hingga mendidih lagi, angkat, dinginkan.
Minum ramuan lidah buaya 2 x 1 hari, setiap kali minum sebanyak setengah gelas. Lakukan secara rutin.

Manfaat Lidah Buaya sebagai Obat Radang Tenggorokan

Bahan : Daun lidah buaya secukupnya, madu secukupnya.
Cara meramu : Cuci daun lidah buaya hingga bersih. Kupas kulitnya, potong-potong lalu cuci pada air mengalir sampai lendirnya hilang. Kemudian blender hingga lembut, tambahkan madu.
Minum ramuan herbal ini 3 x 1 hari.

Manfaat Lidah Buaya sebagai Obat Sembelit

Bahan : Daun lidah buaya segar secukupnya, air panas ½ gelas, madu murni secukupnya.
Cara meramu : Cuci daun segar lidah buaya. Kupas dan potong-potong seperlunya, setelah itu dicuci lagi pada air mengalir sampai lendir hilang. Seduh dengan air panas, tambahkan madu.
Minum ramuan lidah buaya 2 x 1 hari selagi hangat.

Manfaat Lidah Buaya sebagai Obat Darah Tinggi

Bahan : Daun lidah buaya segar yang tebal dan besar secukupnya, air kapur sirih secukupnya, madu, air bersih, air matang.
Cara meramu : Cuci daun lidah buaya hingga bersih. Kupas kulitnya, potong-potong lalu cuci pada air mengalir sampai lendirnya hilang. Rendam ke dalam air kapur sirih selama kurang lebih satu jam. Setelah itu angkat, tiriskan, bilas dengan air bersih dan mengalir sampai beberapa kali hingga kapur sirihnya benar-benar hilang. Didihkan air, masukkan ke dalamnya lalu biarkan hingga mendidih, angkat, tiriskan. Tambahkan air matang dan madu.
Minum ramuan lidah buaya secara rutin.

Manfaat Lidah Buaya sebagai Obat Ambeien

Cara 1. Bahan : Daun lidah buaya segar yang tebal dan besar secukupnya, sirup, jeruk lemon, air kapur sirih secukupnya, air bersih, air matang.
Cara meramu : Cuci hingga bersih. Kupas kulitnya, potong-potong lalu cuci pada air mengalir sampai lendirnya hilang. Rendam ke dalam air kapur sirih selama kurang lebih satu jam. Setelah itu angkat dan tiriskan, bilas dengan air bersih yang mengalir sampai beberapa kali. Didihkan air, masukkan ke dalamnya, biarkan hingga mendidih, angkat, tiriskan. Tambahkan air matang, perasan jeruk lemon dan sirup secukupnya.
Minum ramuan lidah buaya ini sebagai minuman segar. Lakukan secara rutin.
Cara 2. Bahan : Daun lidah buaya segar secukupnya, air panas ½ gelas, madu murni secukupnya.
Cara meramu : Cuci daun segar, kupas, setelah itu dicuci lagi sampai lendirnya hilang pada air yang mengalir, kemudian parut . Seduh hasil parutan dengan air panas, tambahkan madu.
Minum ramuan lidah buaya 3 x 1 hari selagi hangat.

Manfaat Lidah Buaya sebagai Obat Maag

Bahan : Daun lidah buaya 500 gr, madu murni 2 sendok teh.
Cara meramu : Cuci daun hingga bersih, kupas lalu potong-potong seperlunya, cuci lagi pada air mengalir sampai lendirnya hilang. Kemudian blender hingga lembut. Tambahkan madu.
Minum jus lidah buaya 2 x 1 hari.

Manfaat Lidah Buaya sebagai Obat Panas Dalam

Bahan : Daun lidah buaya tebal dan besar secukupnya, jeruk lemon, sirup, air kapur sirih secukupnya, air matang 1 gelas, air bersih.
Cara meramu : Cuci daun segar, kupas lalu potong-potong, setelah itu cuci lagi pada air mengalir sampai lendirnya hilang. Rendam selama satu jam pada larutan kapur sirih, angkat, tiriskan, lalu bilas pada air mengalir sampai bersih. Didihkan air, kemudian masukkan dan didihkan lagi. Setelah mendidih angkat, tiriskan. Tambahkan air matang, madu murni dan perasan jeruk lemon.
Minum ramuan.

Manfaat Lidah Buaya untuk Melembabkan Kulit Kepala dan Menghitamkan Rambut

Bahan : Daun lidah buaya secukupnya.
Cara meramu : Potong-potong, oleskan pada seluruh kulit kepala. Diamkan kurang lebih 25 menit. Lalu keramas menggunakan air bersih.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus