KHASIAT TARUM


Khasiat Tarum - Tarum dengan nama ilmiah Indigofera tinctora sering juga dinamakan tom jawa, bak tarom, tayom, talung atau brendel. Tanaman tarum termasuk dalam anggota famili Fabaceae. Herbal tarum mempunyai sifat antisipilis dan antelmintik. Dulu, tanaman tarum ini paling banyak dijumpai di aliran sungai sepanjang 269 kilometer, sehingga konon ceritanya nama tarum dilekatkan pada nama citarum, yaitu ci yang berarti air dan tarum yang berarti tanaman tarum.

KANDUNGAN DAN MANFAAT TARUM

KHASIAT TARUM

Tarum

Pada daun tarum mengandung zat kimia seperti alkaloid, flavonoid, polifenol, dan saponin. Selain pada daun, senyawa tanin dan saponin juga terdapat pada bagian bunga.

Herbal tarum mempunyai khasiat dan manfaat yang besar dalam kesehatan manusia terutama sebagai obat herbal tradisional. Tanaman ini diyakini dapat digunakan sebagai obat sipilis atau raja singa, obat epilepsi, mengobati cacingan, obat kanker lambung serta sebagai obat untuk mengurangi depresi. Selain itu herbal tarum juga menpunyai khasiat dan manfaat sebagai penyubur rambut dan penghitam rambut, serta sebagai pewarna alami. Pada zaman dahulu, banyak orang tua yang mengoleskan minyak tarum ke kepala anaknya sebagai penghitam dan penyubur rambut secara alami.

Herbal tarum juga banyak digunakan sebagai bahan pewarna biru terutama pada pembuatan batik pajajaran yang terkenal dan sangat populer pada abad 14 sampai abad ke-15. Pewarna biru alami dari tanaman ini diambil dari bagian buah tarum. Mereka memanfaatkan buah tarum untuk memberi warna biru pada saat pembuatan batik yang bernuansa biru. Warna biru sebenarnya juga dapat dihasilkan dari perendaman daun tarum selama semalam. Berikut ini beberapa contoh herbal tarum sebagai obat tradisional alami untuk mengobati berbagai macam penyakit:

HERBAL TARUM UNTUK MENGOBATI RAJA SINGA ATAU SIPILIS




Bahan
Daun tarum (Indigofera tinctora) secukupnya
Air bersih 3 gelas
Cara Membuat
Ambil daun tarum secukupnya, lalu cuci hingga bersih. Setelah bersih kemudian tambahkan tiga gelas air bersih. Lalu rebus sampai mendidih. Setelah mendidih jangan langsung diangkat, biarkan terlebih dahulu beberapa saat sampai airnya kira-kira tinggal satu gelas. Baru kemudian angkatlah, dinginkan dan saring.

HERBAL TARUM UNTUK MENGOBATI GONDONG

Bahan
Daun tarum (Indigofera tinctora) 2 genggam
Cara
Ambil daun tarum lalu cucilah hingga bersih. Kemudian tumbuk sampai lumat.
Balurkan ramuan pada bagian yang sakit.

HERBAL TARUM UNTUK MENGOBATI CACINGAN

Bahan
Daun tarum (Indigofera tinctora) secukupnya
Air bersih 3 gelas
Cara Membuat
Ambil daun tarum secukupnya, lalu cucilah hingga bersih. Kemudian tambahkan tiga gelas air bersih, lalu rebus sampai mendidih, biarkan beberapa saat sampai airnya kira-kira tinggal satu gelas. Kemudian angkat, dinginkan dan saring.
Minum ramuan herbal tarum sekaligus.

HERBAL TARUM UNTUK MENGOBATI AYAN ATAU EPILEPSI

Bahan
Daun tarum (Indigofera tinctora) secukupnya
Air bersih 3 gelas
Cara Membuat
Cuci hingga bersih daun tarum. Setelah bersih kemudian rebus menggunakan tiga gelas air bersih sampai mendidih. Setelah mendidih jangan langsung diangkat, biarkan beberapa saat sampai airnya tinggal satu gelas. Angkat, dinginkan dan saring.
Minum ramuan herbal tarum sekaligus.

HERBAL TARUM UNTUK MENGURANGI DEPRESI

Bahan
Daun tarum (Indigofera tinctora) secukupnya
Air bersih 3 gelas
Cara Membuat
Ambil daun tarum secukupnya, lalu cuci hingga bersih. Tambahkan tiga gelas air bersih lalu rebus sampai mendidih. Setelah mendidih biarkan terlebih dahulu beberapa saat sampai airnya tersisa satu gelas. Baru kemudian angkat, dinginkan dan saring.
Minum ramuan herbal tarum sekaligus.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus