KHASIAT TAPAK KUDA


Tapak kuda yang dikenal dengan nama ilmiah Ipomoea pes-caprae sering juga dinamakan katang-katang, daun katang, andal, maxi-maxi, alert, loloro, leleri, arana, dolodoi, dalere, serta bulalingo. Tanaman herbal yang banyak dijumpai di daerah panas terutama di daerah pesisir ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Herbal Ipomoea pes-caprae berasa agak pahit, hangat dan berbau tajam. Namun yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi herbal ini adalah bahwa wanita hamil dilarang untuk minum ramuan dari herbal Ipomoea pes-caprae.

KANDUNGAN DAN MANFAAT

KHASIAT TAPAK KUDA

Tapak Kuda

Pada daun segar mengandung zat kimia seperti asam melissik acid, asam behenik, dan asam miristik. Pada Daun keringnya mengandung antistine sebagai antihistamin dan antialergi.

Khasiat dan manfaat Ipomoea pes-caprae bagi kesehatan tubuh manusia adalah sebagai antirematik, antiradang, dan antibengkak. Selain itu tanaman herbal ini juga dapat digunakan sebagai obat rematik, obat sakit gigi, obat wasir, obat bisul dan obat gatal-gatal atau eksim. Berikut ini beberapa ramuan herbal obat tradisional alami untuk mengobati berbagai macam penyakit:

HERBAL TAPAK KUDA UNTUK OBAT REMATIK




Bahan
Herbal tapak kuda (Ipomoea pes-caprae )45 gr
Arak ketan
Air
Cara Membuat
Cuci bahan hingga bersih. Ambil arak ketan dan air, pastikan bahwa arak ketan dan air dalam jumlah yang sama banyak. Kemudian campur menjadi satu, lalu rebus semua bahan sampai mendidih. Angkat, dinginkan dan saring
Minum ramuan obat herbal tradisional ini secara rutin.

HERBAL TAPAK KUDA UNTUK MENGOBATI SAKIT GIGI

Bahan
Akar kering tapak kuda (Ipomoea pes-caprae )45 gr
Air bersih 3 gelas
Cara Membuat
Rebus menggunakan tiga gelas air sampai mendidih, setelah mendidih jangan langsung diangkat dari kompor, biarkan beberapa saat hingga air tersisa kira-kira satu gelas. Baru kemudian diangkat, dinginkan dan saring ramuan.
Minum ramuan obat herbal tradisional sekaligus.


HERBAL TAPAK KUDA UNTUK MENGOBATI BISUL

Bahan
Herbal tapak kuda (Ipomoea pes-caprae )45 gr
Air bersih 3 gelas
Cara Membuat
Cuci bahan hingga bersih. Setelah bersih lalu rebuslah menggunakan tiga gelas air bersih sampai mendidih, setelah mendidih juga jangan langsung diangkat, biarkan ramuan beberapa saat hingga airnya tersisa satu gelas. Matikan kompor, kemudian angkat, dinginkan dan saring ramuan.
Minum ramuan herbal tradisional ini.

HERBAL TAPAK KUDA UNTUK MENGOBATI WASIR BERDARAH

Bahan
Herbal tapak kuda (Ipomoea pes-caprae )30 gr
Usus ayam 360 gr
Air secukupnya
Cara Membuat
Cuci hingga bersih semua bahan. Setelah bersih lalu tambahkan air bersih secukupnya. Masak kedua bahan hingga menjadi tim.
Makan tim usus ayam tapak kuda ketika masih hangat. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

HERBAL TAPAK KUDA UNTUK MENGOBATI EKSIM

Bahan
Daun kering tapak kuda (Ipomoea pes-caprae )13 gr
Air bersih 2 gelas
Cara Membuat
Rebus sampai mendidih, biarkan beberapa saat hingga airnya tinggal satu gelas. Angkat, dinginkan dan saring.
Minum ramuan obat herbal tradisional ini sekaligus. Lakukan sampai sembuh.

HERBAL TAPAK KUDA UNTUK MENGOBATI KORENG

Bahan
Herbal tapak kuda (Ipomoea pes-caprae )45 gr
Air bersih 3 gelas
Cara Membuat
Cuci bahan hingga bersih. Setelah bersih tambahkan air bersih sebanyak tiga gelas, kemudian rebus sampai mendidih, setelah mendidih jangan langsung diangkat, biarkan beberapa saat hingga airnya tersisa satu gelas. Angkat, dinginkan lalu saring.
Minum ramuan obat herbal tradisional secara rutin agar koreng cepat sembuh.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus