GANGGUAN SALURAN PERNAPASAN


Saluran pernapasan merupakan organ tubuh manusia yang sering mengalami gangguan berbagai macam penyakit. Perlu diketahui, bahwa saluran pernapasan memegang peranan penting dalam tubuh manusia. Bila saluran pernapasan terganggu, maka aktifitas manusia secara umum juga akan terganggu.

Saluran pernapasan pada manusia dapat dibedakan atau dibagi menjadi dua bagian, yaitu saluran pernapasan atas dan saluran pernapasan bawah. Saluran pernapasan atas berawal dari hidung hingga ke tenggorokan. Sedangkan saluran pernapasan bawah dimulai dari trakea, bronkus, dan alveoli.

Bila anak atau buah hati Anda mengalami gangguan pada saluran pernapasan, seperti flu, batuk, maupun sesak napas sebaiknya sebagai orang tua, Anda harus melakukan penanganan yang lebih serius dengan menentukan pilihan pengobatan yang rasional. Berikut ini beberapa informasi yang akan kami bahas mengenai penyakit pada gangguan saluran pernapasan.

Batuk

Batuk merupakan reflek tubuh pada manusia yang merupakan reaksi untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Untuk penanganan batuk pada anak-anak yang berusia berusia di bawah dua tahun sebaiknya jangan gunakan kebiasaan dalam melakukan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan yang biasa dijual di warung-warung. Karena beberapa obat batuk atau pilek yang dijual umum tidak direkomendasikan untuk anak-anak yang berusia di bawah dua tahun. Sebelum Anda membeli obat untuk buah hati, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada apoteker mengenai obat yang aman diberikan kepada anak-anak Anda, kemudian bacalah leaflet dan informasi obat yang tertera pada kemasan. Untuk anak yang sudah bisa mengeluarkan lendir dari mulut, bisa diberikan obat pengencer dahak. Jika belum, sebaiknya jangan diberikan obat pengencer dahak tersebut, karena lendir yang seharusnya dikeluarkan bisa jadi malah menumpuk pada saluran pernapasan dan berpotensi menimbulkan penyakit baru, yaitu pneumonia. Berikan buah hari Anda air putih yang cukup sehingga kondisi stamina tubuh bisa cepat pulih.

Pilek




Secara medis, pilek atau dikenal juga dengan istilah flu merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan karena infeksi virus RNA. Pilek atau flu juga dikategorikan sebagai penyakit menular, yang bisa ditularkan baik melalui udara maupun air. Penyakit ini biasanya menyerak pada musim-musim tertentu, terutama pada saat terjadi perubahan cuaca. Anak-anak atau bayi biasanya sangat tersiksa saat sendang terserang sakit pilek dan hidung tersumbat. Pasalnya, anak-anak yang masih kecil tidak bisa mengeluarkan lendir yang menyumbat hidungnya sehingga sangat mengganggu pernapasan. Untuk mengatasi hal itu, Anda cukup memberikan NaCl 0.9% yang diteteskan atau disemprotkan pada hidung. NaCl 0.9% yang berbentuk tetes maupun semprot bisa didapatkan di apotek-apotek atau toko obat terdekat. Penyakit batu atau pilek yang menyerang anak-anak atau bayi biasanya disebabkan oleh infeksi virus, sehingga penanganan penyakit ini tidak perlu menggunakan antibiotik. Antibiotik hanya diberikan untuk jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penanganan yang efektif untuk menyembuhkan penyakit ini adalah meningkatkan ketahanan atau kekebalan tubuh yang bisa dilakukan melalui pemberian asupan makanan bergizi. Namun, apabila dalam waktu tiga hari penyakit ini tidak kunjung reda, atau anak tidak menunjukkan perubahan yang membaik, maka kemungkinan terjadi peradangan dan infeksi. Jika terjadi peradangan dan infeksi, maka dibutuhkan pemberian antibiotik. Pemberian antibiotik pada anak-anak atau bayi sebaiknya dilakukan dengan pertimbangan medis.

Sesak Napas

Saat buah hati Anda mengalami gangguan sesak napas, maka penanganan yang bisa dilakukana dalah dengan memberikan obat gosok khusus untuk anak-anak atau bayi, yang dapat melegakan saluran pernapasan. Pemberian obat gosok ini selain dapat membantu melegakan napas juga memberikan kehangatan pada tubuhnya.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus