13 OBAT DIABETES MELITUS, DEFINISI DAN PENYEBAB

Obat Diabetes Melitus, Definisi dan Penyebab - Artikel kali ini akan membahas tentang patofisiologi, pengertian, penyebab, pencegahan, maupun pengobatan alami diabetes mellitus.

Patofisiologi Diabetes Melitus

Patofisiologi diabetes melitus adalah ilmu yang mempelajari fungsi bagian-bagian tubuh manusia akibat adanya gangguan yang disebabkan oleh penyakit diabetes melitus. Patofisiologi itu sendiri sebenarnya berasal dari kata patologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang macam-macam penyakit, dan fisiologi, berarti ilmu yang mempelajari bagian-bagian tubuh.

Definisi Diabetes Melitus

Obat Diabetes Melitus, Definisi dan Penyebab
Alang-Alang
Diabetes melitus adalah penyakit yang diakibatkan karena tingginya kadar gula darah yang melewati batas normal sehingga mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Gangguan sistem metabolisme tersebut terutama menghambat fungsi pankreas untuk memproduksi hormon insulin. Terhambatnya produksi hormon insulin akan mempengaruhi keseimbangan kadar gula darah dan terganggunya penyerapan glukosa oleh sel tubuh.

Penyebab Diabetes Melitus

Penyebab diabetes melitus ada beberapa faktor, yaitu kekurangan insulin (Insulin Dependent Diabetes Mellitus), kekebalan atau menurunnya sensitifitas insulin (Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus), kekebalan insulin sewaktu hamil (diabetes gestasional), serta akibat rusaknya bagian tubuh lainnya. Penyebab diabetes melitus akan kami uraikan seperti berikut:

Diabetes Melitus Tipe 1 (Insulin Dependent Diabetes Mellitus)

Adalah penyakit diabetes yang disebabkan karena rusaknya sel beta sebagai penghasil insulin di pankreas sehingga menyebabkan kekurangan insulin. Hal ini terjadi akibat dari reaksi autoimun. Pada diabetes tipe ini pengobatannya dilakukan sepanjang usia.

Diabetes Melitus Tipe 2 (Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus)

Adalah penyakit diabetes yang disebabkan karena menurunnya sensitifitas insulin. Hal ini bisa diakibatkan karena adanya kekebalan (resistensi) insulin. Pada diabetes tipe 2 lebih banyak dijumpai pada penderita usia dewasa, sedangkan anak-anak masih jarang terjadi.

Diabetes Gestasional (Diabetes dalam Kehamilan)

Adalah penyakit diabetes yang terjadi pada wanita. Hal ini disebabkan karena adanya kekebalan (resistensi) insulin pada masa-masa kehamilan. Diabetes gestasional terjadi akibat hormonal yang tidak seimbang pada ibu hamil.

Diabetes Tipe Lain

Disebabkan karena adanya kerusakan genetik pada organ lain, seperti endokrinopati, pankreas, maupun adanya pengaruh obat-obatan atau penyebab lain seperti misalnya terjadi luka yang kemudian mengakibatkan infeksi.

Diabetes melitus sering juga disebut dengan penyakit kencing manis. Pada fase awal meningkatnya kadar gula darah, seseorang tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit diabetes. Gejala umum yang biasanya terjadi pada orang yang menderita diabetes melitus antara lain poliuria yaitu kondisi dimana seseorang banyak kencing, polidipsia yaitu rasa haus yang dialami seseorang sehingga jadi banyak minum, polifagia yaitu sering mengalami lapar dan banyak makan, serta terjadi penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya.

Pencegahan Diabetes Melitus




Pengobatan alami diabetes melitus dengan memanfaatkan tanaman herbal sebenarnya dapat dilakukan, namun jika kondisi tubuh kita masih fit maka akan lebih baik untuk melakukan tindakan pencegahan (preventif) terhadap penyakit diabetes karena diabet berpotensi menimbulkan resiko terhadap penyakit lain. Ada beberapa upaya mencegah diabet, diantaranya adalah menerapkan pola makan teratur menyehatkan (hindari menu makanan berlemak agar tidak mengakibatkan timbunan lemak penyebab obesitas), melakukan olah raga secara rutin untuk membakar lemak dalam tubuh, namun terkadang kesibukan membuat kita tidak mempunyai waktu berolah raga. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka dapat diganti dengan melakukan aktifitas fisik setiap kali melakukan pekerjaan (buat gerakan-gerakan fisik dalam aktifitas sehari-hari, hindari berdiri atau duduk berlama-lama tanpa selingan gerakan lain), usahakan pikiran tetap sehat (hindari stres berkepanjangan), hindari nikotin maupun alkohol.

Pengobatan Alami Diabetes Melitus

Disamping diet diabetes, ada beberapa tanaman obat yang sering digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengobati penyakit diabetes melitus, diantaranya daun tapak dara, daun ciplukan, daun sambiloto, akar alang-alang, daun murbei, daun meniran, daun pegagan, daun kumis kucing, bidara upas, babakan pule, serta mahkota dewa.

Ramuan Alami untuk Penderita Diabetes Melitus

Obat Diabetes Melitus 1

Bahan
22 lembar daun tapak dara (Catharanthus roseus)
Air 2 gelas
Cara Meramu
Selelumnya cuci bersih daun tapak dara, tambahkan air, lalu rebus, didihkan, angkat.
Minum ramuan tapak dara 3 x 1 hari.

Obat Diabetes Melitus 2

Bahan
Daun ciplukan (Physalis minima) kira-kira 1 tanaman
Air 4 gelas
Cara Meramu
Daun ciplukan dicuci, tambahkan air, lalu rebus, didihkan, angkat.
Minum airnya sebanyak 1 gelas, 2-3 x 1 hari .

Obat Diabetes Melitus 3

Bahan
5g herbal ciplukan (Physalis minima) kering
110 ml air
Cara Meramu
Cuci sampai bersih tanaman ciplukan, lalu tambahkan 110 ml air, rebus selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk, setelah itu kemudian saring, dinginkan.
Minum obat diabetes sehari dua kali, tiap kali minum ramuan sebanyak 100 ml.
Perlu diperhatikan bahwa air ramuan herbal ciplukan ini jangan digunakan setelah lebih dari 24 jam.

Obat Diabetes Melitus 4

Bahan
Herbal ciplukan (Physalis minima) yang sedang berbuah beserta akar-akarnya
Air 3 gelas
Cara Meramu
Cuci sampai bersih tanaman ciplukan, lalu layukan. Setelah layu rebus dengan tiga gelas air, biarkan sampai mendidih, angkat jika kurang lebih airnya tersisa 1 gelas, saring.
Minum obat herbal diabet sehari satu kali.

Obat Diabetes Melitus 5

Bahan
Daun sambiloto (Andrographis paniculata) yang masih segar secukupnya
Cara
Daun sambiloto dijadikan lalapan saat makan, tetapi ingat, daun ini harus dicuci bersih terlebih dulu.
Makan sebagai lalapan 2-3 x 1 hari.

Obat Diabetes Melitus 6

Bahan
Akar alang-alang (Imperata cylindrica) kira-kira 15 gram
Air bersih 3 gelas
Cara Meramu
Pastikan akar alang-alang telah bersih sebelum direbus, didihkan, saring ramuan.
Minum obat ini 1-2 x 1 hari sebanyak 1 gelas.

Obat Diabetes Melitus 7

Bahan
Daun murbei 150 gr
Daun meniran 150 gr
Daun kumis kucing 150 gr
Petai cina 150 gr
Daun pegagan 150 gr
Air
Cara Meramu
Ambil semua bahan, daun murbei, daun meniran, daun pegagan, daun kumis kucing, petai cina, lalu cuci bersih dan rebus sampai mendidih, saring ramuan.
Minum airnya.

Obat Diabetes Melitus 8

Bahan
Bidara upas 50 gr
Babakan pule 15 gr
Bubuk kopi murni 10 gr
Biji juwet dihanguskan/ditumbuk 25 gr
Cara Meramu
Cuci bidara upas, babakan pule, biji juwet sampai bersih. Kemudian parut bidara upas, tumbuk babakan pule, hanguskan/tumbuk biji juwet. Setelah itu campur semua bahan, tambahkan kopi bubuk, aduklah hingga rata.
Seduh 2 sendok makan ramuan dengan air mendidih untuk dijadikan minuman.
Minum ramuan diabetes sehari sebanyak tiga kali.

Obat Diabetes Melitus 9

Bahan
Mahkota dewa 5–6 buah, diiris
Air bersih 5 gelas
Cara Meramu
Cuci mahkota dewa, lalu rebus dengan 5 gelas air, biarkan hingga tinggal 3 gelas, setelah dingin kemudian disaring.
Minum ramuan sehari tiga kali, setiap kali minum sebanyak 1 gelas.

Obat Diabetes Melitus 10

Bahan
Jambu biji yang masih mengkal 1 buah
Air
Cara Meramu
Cuci jambu biji mengkal, potong-potong seperlunya, setelah itu direbus dengan 3 gelas air bersih, didihkan, biarkan tersisa satu gelas, dinginkan, lalu saring ramuan.
Minum obat diabet ini sehari dua kali.

Obat Diabetes Melitus 11

Bahan
Pare (Momordica charantia) 2 buah
Air matang gelas
Cara Meramu
Buah pare dicuci sampai bersih, kemudian ditambahkan air, aduklah sampai rata, lalu peras.
Minum ramuan setiap hari. Lakukan selama 2 minggu.

Obat Diabetes Melitus 12

Bahan
Lidah buaya (Aloe vera) segar berukuran besar dan tebal secukupnya
Air matang
Air kapur sirih secukupnya
Cara Meramu
Cucilah lidah buaya hingga bersih sebelum dikupas kulitnya, lalu kupas dan potong-potong, kemudian cuci lagi sampai hilang lendirnya. Proses pencucian dilakukan pada air yang mengalir. Setelah itu rendam dalam air kapur sirih selama 1 jam. Angkat, tiriskan, lalu bilas beberapa kali hingga benar-benar bersih, gunakan juga air mengalir. Setelah benar-benar bersih rebus dalam air yang sudah mendidih sampai mendidih lagi, angkat, dan tiriskan.
Tambahkan air matang, dan minum ramuan herbal lidah buaya secara rutin.

Obat Diabetes Melitus 13

Bahan
Lidah buaya (Aloe vera) segar berukuran besar dan tebal secukupnya
Air bersih 3 gelas
Air matang
Garam dapur secukupnya
Cara Meramu
Cuci daun lidah buaya hingga bersih, kupas, potong-potong dan cuci lagi sampai hilang lendirnya pada air yang mengalir. Setelah itu rendam selama setengah jam dalam larutan garam. Angkat, tiriskan dan remas-remas, bilaslah hingga beberapa kali pada air yang mengalir. Rebus dalam air mendidih sampai mendidih, lalu angkat, dinginkan.
Minum obat herbal diabetes ini 2 x 1 hari sebanyak setengah gelas secara rutin.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus