KHASIAT SIRIH MERAH


Sirih (Piper decumanum ) sering juga dinamakan jahe sunti dan sirih talan. Sirih merah kaya akan kandungan kimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada kondisi rindang karena tidak menyukai kondisi panas dan air yang berlebihan.

KANDUNGAN DAN MANFAAT SIRIH MERAH

Khasiat Sirih Merah
Sirih Merah
Sirih merah mengandung zat kimia seperti saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak asiri. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, hidrat arang, tanin, fitosterol, kalsium oksalat, alkaloid murisine, serta berbagai macam vitamin baik vitamin A, vitamin B, maupun vitamin C. Sirih merah merupakan anggota famili piperaceae yang bersifat antipiretik dan antiinflamasi. Tanaman sirih merah mempunyai banyak manfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit TBC, sakit pinggang, bisul, mimisan, ambeien atau wasir, bengkak, mencret pada bayi, diabetes melitus (kencing manis), kanker, jantung, anyang-anyang, serta sakit kandung seni. Berikut ini beberapa contoh ramuan herbal sirih merah untuk mengobati berbagai macam penyakit:

OBAT TBC

Bahan
Daun sirih merah 7 lembar
Madu 1 sendok makan
Air bersih 3 gelas
Cara Membuat
Cuci sirih merah hingga bersih, lalu potong kecil-kecil, kemudian rebus menggunakan tiga gelas air bersih, biarkan beberapa saat hingga airnya tersisa satu setengah gelas. Baru kemudian diangkat, dinginkan dan saring.
Minum ramuan herbal sirih merah sehari tiga kali. Setiap kali minum masing-masing setengah gelas, tambahkan madu pada ramuan.

MENGOBATI MIMISAN




Bahan
Daun sirih merah 2 lembar
Cara Membuat
Cuci daun sirih merah sampai bersih. Setelah itu lalu gulung dan potong ujung daunnya.
Masukkan daun sirih merah ini ke lubang hidung.

MENGOBATI BENGKAK

Bahan
Daun sirih merah secukupnya
Air bersih secukupnya
Cara Membuat
Cuci sirih merah sampai bersih. Setelah itu baru ditumbuk hingga halus, kemudian tambahkan air bersih secukupnya, aduk menjadi adonan.
Balurkan ramuan herbal sirih merah pada kulit yang bengkak.

OBAT AMBEIEN ATAU WASIR

Bahan
Daun sirih merah 7 lembar
Buah dewa 30 gr
Daun bidara upas 20 gr
Air bersih 3 gelas
Cara Membuat
Cuci daun sirih merah, buah dewa, dan daun bidara upas sampai bersih. Kemudian rebus menggunakan tiga gelas air bersih sampai mendidih, setelah mendidih jangan langsung diangkat, biarkan sebentar hingga airnya tersisa satu gelas. Baru setelah itu boleh diangkat dari pengapian, dingikan lalu saring.
Minum ramuan herbal sirih merah dua kali dalam sehari. Lakukan setiap pagi dan sore hari secara rutin. Minum ramuan herbal ini selagi hangat.

MENGOBATI KANKER P4YUD4R4

Bahan
Daun sirih merah 7 lembar
Bit 50 gr
Apel malang 1 buah
Stroberi 10 merah
Wortel ukuran sedang 1 buah
Jeruk nipis 1 buah
Air bersih untuk merebus sirih merah
Air matang
Cara Membuat
Cuci daun sirih merah sampai bersih lalu rebus dengan air bersih sampai mendidih. Ambil jeruk nipis, belah menjadi dua, peras untuk diambil airnya. Kemudian cuci juga bahan-bahan yang lain seperti buah bit, apel, stroberi, dan wortel. Potong kecil-kecil. Setelah itu ambil 5 sendok makan air rebusan sirih merah, campur bersama air jeruk nipis dan bahan lainnya, tambahkan 200 ml air matang lalu blender sampai lembut.
Minum jus herbal sirih merah dua kali dalam sehari. Lakukan setiap pagi dan sore hari sebelum makan. Ramuan ini untuk sekali minum.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus