MANFAAT GINSENG

Manfaat Ginseng - Ginseng diyakini sebagai obat herbal alami yang mempunyai khasiat besar bagi tubuh manusia. Ginseng atau panax merupakan tumbuhan terna yang banyak dijumpai di negara-negara bagian belahan bumi utara, seperti Amerika Serikat, Korea, Siberia, Manchuria, dll. Tanaman dengan Akar menyerupai manusia menyebabkan tanaman ini diberi nama ginseng, diambil dari bahasa Inggris yang dilafalkan dalam bahasa Mandarin 'ren shen' yang artinya duplikat manusia. Tumbuhan ini diyakini memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan manusia sehingga herbal ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional.

Herbal Ginseng
Ginseng
Bagian Akar tanaman dapat memperbaiki aliran darah, meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit. Di Indonesia terdapat juga tumbuhan berkhasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng jawa atau som jawa (Talinum paniculatum) dan kolesom (Talinum triangulare) Pada pengobatan tradisional akar tanaman dicampur berbagai jenis obat. Paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian khasiat kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia.

Kandungan dan Manfaat Ginseng

Kandungan kimia ginseng adalah saponin dan glikosida. Glikosida pada akar dikenal sebagai ginsenosida. Akar tanaman ini juga mengandung 16 jenis ginsenosida seperti minyak asiri, panasena, resih, musilago, asam panax, fitosterol, hormon, vitamin B, kabohirat serta selulosa. Tahun 1960an, sejenis sebatian “terpenidol glycisides” telah ditemui oleh peneliti-peneliti Moskow dan Tokyo.

GINSENG KOREA (Panaxs chinsen)

Panaxs chinsen atau ginseng korea adalah jenis ginseng yang berasal dari Korea. Orang Korea menyebut ginseng sebagai insam. Panax schinsen liar yang tumbuh di hutan-hutan lebat pegunungan dinamakan sansam (ginseng gunung). Sansam adalah ginseng liar, insam adalah ginseng budidaya. Salah satu produk ginseng korea dikenal dengan nama goryeo insam (ginseng goryeo/ginseng korea). Ginseng korea berkualitas baik karena ditanam pada tanah subur serta iklim yang mendukung untuk pertumbuhannya. Orang Korea sangat menghargai tanaman herbal ini, Seseorang pencari ginseng liar di gunung lalu menjualnya dinamakan sinamani (penggali ginseng liar). Pada saat ini, insam sudah dibudidayakan secara luas karena khasiat dan manfaatnya bagi manusia, antara lain efektif melawan kanker, penyakit, sebagai tonik, bahan makanan, minuman kesehatan, dll.

Khasiat dan Manfaat Ginseng Korea Bagi Kesehatan

Ginseng Korea banyak macamnya, khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan antara lain dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh dan menambah stamina. Sejauh ini juga masih dipercaya berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman ginseng terdiri dari daun, bunga dan akar, namun yang bisa dimakan ialah bagian akarnya.
Khasiat Ginseng Korea antara lain: Berkhasiat sebagai suplemen dalam tubuh, mencegah penyakit kanker, kencing manis, fungsi jantung, darah tinggi, pencernaan, stres, daya ingat serta membantu pertumbuhan anak. Ginseng korea dipercaya sebagai energi obat kuat, membantu kesuburan wanita yang sulit hamil, bermanfaat untuk imunisasi dan antiaging. Di Korea, herbal ini juga dimanfaatkan industri kosmetik.

Jenis-Jenis Ginseng Korea

• Akar kering ginseng tradisional direndam arak.
Penggunaaannya, rebus dengan air.
Manfaat : Mengembalikan tubuh setelah operasi.
Cukup diminum 1 atau 2 kali dalam sebulan.
Akar dapat disimpan di kulkas.
• Akar ginseng alami direndam madu.
Bentuknya seperti jenang.
Manfaat : Mampu memulihkan daya ingat, pikun, obat sakit kepala, stres dan keseimbangan hormon,
• Ginseng Ekstra
Bentuk seperti kecap manis.
Manfaat : Melancarkan sirkulasi darah, sebagai obat asam urat, kencing manis, maupun obat rematik.
Cocok untuk orang dewasa dan orangtua.
Satu sendok makan langsung, campur ke dalam air hangat. Boleh dicampur madu murni
• Kapsul ginseng
Manfaatnya sama dengan ginseng ekstra.
• Ginseng bubuk, paling terkenal di Asia Tenggara terutama Indonesia.
Manfaat : Meringankan asma, sebagai obat sariawan, sinusitis, melindungi mata, baik bagi perokok, membantu pertumbuhan tulang, membantu pernapasan, dan obat sakit gigi anak-anak.
Cara minum: 1-2 sendok, anak anak setengah, dicampur di minuman.
Jangan masukkan ke dalam minuman bercafein seperti kopi atau teh karena dapat menghilangkan kandungan saponinnya.
Bubuk ginseng punya rahasia lain. Bisa dicampurkan ke masker wajah ditambahkan yogurt atau krem malam. Penggunaan teratur untuk kulit sensitif, dan anti penuaan dini.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus


Tanijogonegoro.com: Menyajikan Informasi Terbaik
Tanijogonegoro.com: Menyajikan Informasi Terbaik